ilmu Algoritma dan Pemrograman Komputer


Salam sahabat blog desantonet. Kali ini saya akan membahas beberapa pelajaran dan sumber ilmu tentang komputer yang mungkin teman teman ada yang mencari informasi untuk kebutuhan tugas dari guru maupun dosen ? mudah mudahan ini bisa membantu  dan  menjadi ilmu bagi sahabat pembaca blog. Saya akan membahas tentang pemrograman computer dan algoritma pemrograman, berikut bahasan dibawah ini yang saya cari dari berbagai sumber semoga bisa menjadi bahan referensi untuk para pembaca.



Pemrograman Komputer
Sebenarnya hanya ada satu bahasa pemrograman komputer yang benar-benar dapat dipahami dan dieksekusi komputer, yaitu binary karena komputer hanya mengenal angka 1 dan 0. Bahasa pemrograman dapat dikelompokkan berdasarkan tingkatan menurut seberapa dekat bahasa tersebut menyerupai bahasa mesin yaitu bahasa tingkat rendah (Low Level Language) hingga bahasa tingkat tinggi (High Level Language).

Program yang ditulis  dalam bahasa tingkat rendah bisa sangat efisien baik dari waktu memproses ataupun penggunaan memori. Namun, untuk menulis sebuah program tingkat rendah membutuhkan banyak waktu serta pemahaman yang jelas tentang cara kerja CPU yang merupakan otak dari sebuah komputer. Oleh karena itu, pemrograman tingkat rendah biasanya digunakan hanya untuk program yang sangat kecil, atau untuk segmen yang sangat penting dan harus berjalan se-efisien mungkin. Contoh bahasa pemrograman tingkat rendah adalah Assembly.

Bahasa tingkat tinggi memungkinkan pengembangan yang lebih cepat untuk program-program besar. Program yang dihasilkan dan dijalankan dengan bahasa tingkat tinggi tidak se-efisien dibandingkan dengan program tingkat rendah, tetapi penghematan waktu sang programmer dalam membuat program jadi jauh lebih efisien. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Python.

Pemrograman komputer atau biasa disingkat dengan programming / coding itu sendiri didefinisikan sebagai proses mendesain, menulis, menguji, memperbaiki dan memelihara kode dari program komputer. Kode-kode tersebut dapat ditulis dengan 1 bahasa program atau lebih. Tujuan dari pemrograman adalah untuk membuat serangkaian perintah yang dapat dipahami oleh komputer untuk melakukan sesuatu yang diinginkan.
Algoritma Pemrograman
Algoritma adalah urutan langkah yang tersusun secara logis untuk menyelesaikan suatu masalah. Urutan langkah logis disini berarti kita harus mengikuti urutan dan tiidak boleh melompat-lompat.
Algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman. Algoritma yang disusun dengan tidak baik, akan menjadi tidak efisien atau bahkan merusak sebuah pemrograman. Algoritma yang baik harus ada kejadian awal dan kejadian akhir yang benar-benar jelas.

Contoh Kasus
Permasalahan : Andi tidak memiliki website dan Andi ingin memiliki sebuah website yang bisa diakses oleh semua orang.

Hal yang diperlukan agar website Andi dapat diakses semua orang :
  • Andi mempunyai hosting.
  • Andi mempunyai domain.
  • Andi mempunyai aplikasi website itu sendiri.

Secara garis besar, analisa awal kita sampai di sini. Dari analisa awal tersebut dapat menghasilkan kondisi / percabangan. Misalnya :

Apakah Andi sudah mempunyai hosting ?
    jika belum -> beli hosting
    jika sudah -> lanjut langkah selanjutnya (Andi mempunyai domain)

Apakah Andi sudah mempunyai domain ?
jika belum -> beli domain dulu.
apakah domain yang diinginkan tersedia?
Jika tersedia -> ambil
Jika tidak -> cari yang lain
jika sudah -> Lanjut ke langkah selanjutnya (Andi mempunyai aplikasi website itu sendiri)

Apakah Andi sudah mempunyai aplikasi website itu sendiri ?
jika belum -> Website seperti apa?
jika blog
coba WordPress
jika forum
coba vBulletin
jika portal
coba Drupal
jika E-Commerce
    coba PrestaShop
lainnya
customize program

Sampai disini semua bahan sudah tersedia. Maka Andi mengupload dan mengkonfigurasi aplikasi websitenya ke hosting yang ia sewa.

Website Andi masih belum bisa diakses oleh semua orang?
coba cek apakah nameserver sudah diarahkan ke DNS servernya.
jika belum -> Arahkan dulu
jika sudah -> tunggu hingga semua DNS resolve

Ok bagaimana tentang penjelasan diatas semoga bermanfaat untuk anda semua yang membaca atau yang sekedar mengunjungi blog ini, cukup sekian dulu penjelasan tentang pemrograman dan logika nya mungkin anda ingin menambah wawasan lagi anda bisa membaca tentang langkah langkah pembuatan aplikasi.

Apa bila anda masih kurang jelas langsung saja kirim komentar  ataupun chating click di sini chat room. Terimakasih.

Referensi
Wikipedia
Algoritma & Pemrograman - Antonius Rachmat
Base Number Systems - Forbze
Microsoft Press Computer Dictionary 1997, 1998
Kelemahan Programmer Muda - Budi Raharjo
 

Tidak ada komentar: