Salam sahabat blog desantonet. Kali ini saya akan membahas beberapa pelajaran dan sumber ilmu tentang komputer yang mungkin teman teman ada yang mencari informasi untuk kebutuhan tugas dari guru maupun dosen ? mudah mudahan ini bisa membantu dan menjadi ilmu bagi sahabat pembaca blog. Saya akan membahas tentang pemrograman computer dan algoritma pemrograman, berikut bahasan dibawah ini yang saya cari dari berbagai sumber semoga bisa menjadi bahan referensi untuk para pembaca.
Pemrograman Komputer
Sebenarnya hanya ada satu bahasa pemrograman komputer yang
benar-benar dapat dipahami dan dieksekusi komputer, yaitu binary karena
komputer hanya mengenal angka 1 dan 0. Bahasa pemrograman dapat dikelompokkan
berdasarkan tingkatan menurut seberapa dekat bahasa tersebut menyerupai bahasa
mesin yaitu bahasa tingkat rendah (Low Level Language) hingga bahasa
tingkat tinggi (High Level Language).
Program yang ditulis dalam
bahasa tingkat rendah bisa sangat efisien baik dari waktu memproses ataupun
penggunaan memori. Namun, untuk menulis sebuah program tingkat rendah
membutuhkan banyak waktu serta pemahaman yang jelas tentang cara kerja CPU yang
merupakan otak dari sebuah komputer. Oleh karena itu, pemrograman tingkat
rendah biasanya digunakan hanya untuk program yang sangat kecil, atau untuk
segmen yang sangat penting dan harus berjalan se-efisien mungkin. Contoh bahasa
pemrograman tingkat rendah adalah Assembly.
Bahasa tingkat tinggi memungkinkan pengembangan yang lebih cepat
untuk program-program besar. Program yang dihasilkan dan dijalankan dengan
bahasa tingkat tinggi tidak se-efisien dibandingkan dengan program tingkat
rendah, tetapi penghematan waktu sang programmer dalam membuat program jadi
jauh lebih efisien. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Python.
Pemrograman komputer atau biasa disingkat dengan programming
/ coding itu sendiri didefinisikan sebagai proses mendesain, menulis,
menguji, memperbaiki dan memelihara kode dari program komputer. Kode-kode
tersebut dapat ditulis dengan 1 bahasa program atau lebih. Tujuan dari
pemrograman adalah untuk membuat serangkaian perintah yang dapat dipahami oleh
komputer untuk melakukan sesuatu yang diinginkan.
Algoritma Pemrograman
Algoritma adalah urutan langkah yang tersusun secara logis untuk menyelesaikan
suatu masalah. Urutan langkah logis disini berarti kita harus mengikuti
urutan dan tiidak boleh melompat-lompat.
Algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah
pemrograman. Algoritma yang disusun dengan tidak baik, akan menjadi tidak
efisien atau bahkan merusak sebuah pemrograman. Algoritma yang baik harus ada
kejadian awal dan kejadian akhir yang benar-benar jelas.
Contoh Kasus
Permasalahan : Andi tidak memiliki website dan Andi ingin memiliki
sebuah website yang bisa diakses oleh semua orang.
Hal yang diperlukan agar website Andi dapat diakses semua orang :
- Andi mempunyai hosting.
- Andi mempunyai domain.
- Andi mempunyai aplikasi website itu sendiri.
Secara garis besar, analisa awal kita sampai di sini. Dari analisa
awal tersebut dapat menghasilkan kondisi / percabangan. Misalnya :
Apakah Andi sudah mempunyai hosting ?
jika belum -> beli hosting
jika sudah -> lanjut langkah selanjutnya
(Andi mempunyai domain)
Apakah Andi sudah mempunyai domain ?
jika belum -> beli domain dulu.
apakah
domain yang diinginkan tersedia?
Jika
tersedia -> ambil
Jika
tidak -> cari yang lain
jika sudah -> Lanjut ke langkah
selanjutnya (Andi mempunyai aplikasi website itu sendiri)
Apakah Andi sudah mempunyai aplikasi website itu sendiri ?
jika belum -> Website seperti
apa?
jika
blog
coba
WordPress
jika forum
coba
vBulletin
jika portal
coba
Drupal
jika E-Commerce
coba
PrestaShop
lainnya
customize
program
Sampai disini semua bahan sudah tersedia. Maka Andi mengupload dan
mengkonfigurasi aplikasi websitenya ke hosting yang ia sewa.
Website Andi masih belum bisa diakses oleh semua orang?
coba cek apakah nameserver sudah
diarahkan ke DNS servernya.
jika
belum -> Arahkan dulu
jika
sudah -> tunggu hingga semua DNS resolve
Ok bagaimana tentang penjelasan diatas semoga bermanfaat untuk
anda semua yang membaca atau yang sekedar mengunjungi blog ini, cukup sekian
dulu penjelasan tentang pemrograman dan logika nya mungkin anda ingin menambah
wawasan lagi anda bisa membaca tentang langkah
langkah pembuatan aplikasi.
Apa bila anda masih
kurang jelas langsung saja kirim komentar ataupun chating click di sini
chat room. Terimakasih.
Referensi
Wikipedia
Algoritma & Pemrograman - Antonius
Rachmat
Base Number Systems - Forbze
Microsoft Press Computer Dictionary
1997, 1998
Kelemahan Programmer Muda - Budi
Raharjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar