Salam sahabat blog desantonet. setelah saya membahas Algoritma dan Pemrograman Komputer, sekarang saya akan mencoba jelaskan atau menjabarkan 7 langkah langkah pembuatan aplikasi langsung saja berikut yan saya jabarkan di bawah ini dan juga saya tuliskan beberapa sumber referensi.
1.
Set goals / find the problems
Sebelum membuat aplikasi, tentu kita perlu menentukan terlebih
dahulu apa yang akan kita buat (goals). Langkah awal ini sangat penting
namun sering dilupakan atau dianggap sepele oleh kebanyakan orang.
Kembali ke contoh kasus Andi ingin memiliki website yang dapat
diakses semua orang. Website seperti apa yang diinginkan Andi? Konten
seperti apa yang nantinya akan mengisi website Andi tersebut? Seperti apakah
mayoritas pengunjung website Andi dengan isi konten tersebut? Menentukan
hasil akhir / goal suatu program secara mendetail akan sangat membantu
programmer dalam menyelesaikan / membuat aplikasi yang kompleks.
2.
Find the solutions
Setelah tujuan / goals ditentukan, langkah selanjutnya yaitu
menentukan solusi. Hal apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang aplikasi
tersebut agar tujuan Andi dapat tercapai (memiliki website yang bisa diakses
semua orang)? Andi membutuhkan hosting, domain dan CMS.
Website seperti apa yang diinginkan Andi? Konten seperti apa yang
nantinya akan mengisi website Andi tersebut? Website yang diinginkan oleh Andi
adalah situs berita tentang IT. Ada kemungkinan dengan konten berita
tentang IT mayoritas pengunjung website Andi adalah orang-orang muda. Dengan
asumsi bahwa orang-orang muda jaman sekarang memiliki gadget seperti Android,
BlackBerry, iPhone, dll maka website tersebut harus mendukung untuk versi
mobile. Untuk memenuhi hal-hal tersebut, maka Andi memutuskan untuk membuat
CMSnya sendiri.
4.
Writing Program
Karena aplikasi berbasis web maka Andi memiliki beberapa pilihan
bahasa program. Pilihlah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, mudah
digunakan, dan multi platform. Akan lebih baik jika bahasa pemrograman tersebut
sudah dikuasai. Saya asumsikan Andi memilih bahasa pemrograman PHP dengan
alasan PHP bisa berjalan di hosting Linux (lebih murah) dan kebanyakan penyedia
layanan hosting sudah support untuk menjalankan bahasa tersebut.
5.
Documentation
Menulis dokumentasi sangat penting agar pada suatu saat jika kita
akan melakukan perubahan atau membaca source code yang sudah kita tulis dapat
kita ingat-ingat lagi dan kita akan mudah membacanya. Caranya adalah dengan
menuliskan komentar-komentar kecil tentang apa maksud kode tersebut, untuk apa,
variabel apa saja yang digunakan, untuk apa, dan parameter-parameter yang ada
pada suatu prosedur dan fungsi.
6.
Testing
Setelah program jadi, test program tersebut dengan segala macam
kemungkinan yang ada. Misalnya dari kasus Andi : Apakah desain website tersebut
tidak rusak jika dibuka dari bermacam-macam browser dan screen resolution.
Bagaimana dengan error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar
handal dan layak digunakan.
7.
Maintenance
Program / aplikasi yang sudah jadi perlu dirawat dan dijaga untuk
meminimalisir munculnya error / bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau
mungkin juga Andi menambahkan fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak ada.
Proses maintenance ini yang sering menyita waktu banyak programmer.
Seni dan style penulisan program
Selain pemahaman teori dan algoritma, style penulisan program juga
harus dikuasai oleh seorang programmer. Pada contoh code di atas bagian kiri
terlihat pembuka dan penutup kurung kurawal tidak lurus dan mengikuti baris
yang sebelumnya. Jika anda bekerja dalam sebuah team, penulisan code yang tidak
rapi kadang merupakan hal yang bisa dibilang menyebalkan bagi rekan kerja Anda.
Program yang baik tidak hanya sekedar berjalan dan efisien, tetapi harus mudah
dibaca dan dimengerti. Ada beberapa aliran style dalam penulisan program.
Ada yang suka menggunakan “SPACE” untuk indentation, ada juga yang lebih
suka menggunakan “TAB”. Anda dapat memilih menggunakan tab atau spasi,
tapi harus konsisten. Selain itu pemberian komentar akan sangat membantu
programmer saat melakukan maintenance / menambahkan suatu fitur pada program.
Kemampuan pemrograman sama seperti kemampuan bermain olahraga,
misalnya sepak bola. Seorang pemain sepak bola perlu mengetahui teknik-teknik
dalam memainkan, merebut, atau mempertahankan bola. Dengan sering membaca atau
melihat source code dari programmer senior dapat memperluas pengetahuan kita,
selain itu kita juga dapat belajar bagaimana para senior yang telah expert di
bidang pemrograman mengambil langkah dalam memecahkan masalah.
How to start?
Beberapa pertanyaan yang sering muncul, khususnya bagi orang yang
belum mengenal pemrograman, yaitu :
Apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu?
Banyaknya bahasa program yang ada, membuat kita bingung memilih.
Jawaban yang paling mudah adalah, pertama kita harus mengetahui dan mempelajari
sistem operasi / OS yang digunakan. Pemilihan OS, dapat mempermudah kita menentukan
bahasa pemrograman apa yang dapat kita pelajari.
Di awal, kita sudah mempelajari tentang algoritma dan penyelesaian
masalah untuk mencapai tujuan. Tentukan terlebih dahulu, OS mana yang kita
sukai. Windows / Linux? Kemudian tentukan aplikasi yang ingin kita buat,
seperti aplikasi desktop atau website.
Untuk aplikasi desktop, kita bisa belajar C, Java, Python, dll
Untuk aplikasi website kita bisa belajar HTML, javascript, PHP,
ASP, dll
Kita sudah tau cara penggunaaan OS dan sudah tau bahasa apa yang
akan kita pelajari. Selanjutnya apa yang harus saya lakukan?
Kunjungi situs bahasa pemrograman yang ingin dipelajari.
Download apa yang dibutuhkan untuk mendukung bahasa pemrograman
tersebut dapat dijalankan.
Got problems ?
Join ke komunitas-komunitas yang membahas bahasa pemrograman
tersebut secara spesifik.
Ikuti milis yang membahas tentang bahasa pemrograman tersebut.
Kunjungi halaman dokumentasi bahasa pemrograman tersebut.
Semua informasi yang anda dapatkan dari 3 hal di atas sudah cukup
untuk memulai proses belajar.
Expanding skills ?
Baca dan nikmati dan coba mengerti source code program yang sudah
ada. Pelajari bagaimana seorang senior programmer menyelesaikan suatu masalah.
Temui masalah yang lebih kompleks dari apa yang pernah anda temui.
Dengan adanya masalah yang lebih rumit dapat meningkatkan cara berfikir dan
logika kita.
Glossary Domain (domain name) : Nama unik yang
diberikan untuk mengidentifikasi nama server / komputer seperti web server atau
email server pada jaringan komputer ataupun internet yang berfungsi untuk
mempermudah pengguna di internet saat ingin melakukan akses ke server tanpa
harus mengenal deretan angka yang dikenal sebagai alamat IP.
Hosting : Jasa layanan internet yang menyediakan server untuk disewakan
sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di
internet.
DNS (Domain Name System) : Sebuah sistem yang menyimpan
informasi tentang nama host ataupun nama domain di dalam jaringan komputer.
CMS (Content Management System) : perangkat lunak yang
memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi isi dari suatu
situs Web.
Apa bila anda masih
kurang jelas langsung saja kirim komentar ataupun chating click di sini
chat room. Terimakasih.
Referensi
Wikipedia
Algoritma & Pemrograman - Antonius Rachmat
Base Number Systems - Forbze
Microsoft Press Computer Dictionary 1997, 1998
Kelemahan Programmer Muda - Budi Raharjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar